“Bolehnya hukum pengikut, tapi tidak boleh jika bersendirian”
“Bolehnya hukum
pengikut, tapi tidak boleh jika bersendirian”
"يثبت
تبعاً ما لا يثبت استقلالًا".
Oleh
Aditya Bahari
ومن مسائل الأحكام في التبع يثبت لا إذا استقل فوقع
Bait ke 27
“Diantara permasalahan hukum dalam
pengikut, hukumnya boleh selama tidak bersendirian maka akhirnya terjadi”
Ada beberapa perkara yang tidak boleh
jika bersendirian, akan tetapi jika dia sebagai pengikut saja maka boleh
hukumnya
أن هناك بعض الأمور تغتفر إذا كانت تابعة لغيرها وفي ضمنها، لكن
لو أنها جاءت على سبيل الاستقلال فإنه يمنع منها
Contohnya
Menjual janin (hewan) yang masih
didalam kandungan: “Aku jual janin yang ada didalam perut onta
ini maka tidak boleh hukumnya, akan tetapi jika dia jual ontanya secara tidak
langsung ada janin di dalam perutnya maka hukumnya boleh” karena kaedahnya “Yatsbutu
taba’an ma laa yatsbutu istiqlaalan”
“Menjual buah sebelum matang tidak
boleh, akan tetapi jika dia menjual pohon kurma sementara dipohon
tersebut ada kurmanya belum terlalu matang maka boleh karena kurma dipohon ikut
hukum pohon kurmanya karena kaedahnya “Yatsbutu taba’an ma laa yatsbutu
istiqlaalan”
“Diantara Ulama rahimahumullah, ini sebagai
bentuk kita mengingat nikmat Allah Subhaanahu Wa Ta’aala, Syaikhul Islam
memberikan contoh yakni kotoran tikus, dizaman beliau kotoran tikus biasa
terdapat di adonan, “tidak mungkin kita bisa bebas darinya, maka “Yatsbutu
taba’an ma laa yatsbutu istiqlaalan”
Artinya bahwa ketika memakan roti dari
adonan tadi kemudian menemukan tidak sengaja ada kotorannya tidak mengapa, tapi
kalau ada manusia sengaja memakan kotoran tikus boleh tidak? Tidak boleh
Hal yang sama dalam memakan cacing, apa
hukum memakannya? Tidak boleh. Akan tetapi jika ada yang memakan buah dan tidak
sengaja ia memakan ada cacing buahnya? Apa hukumnya? “Yatsbutu taba’an ma
laa yatsbutu istiqlaalan”
“Keluar janin dari perut hewan ternak
dalam kondisi mati, bolehkah memakannya? Tidak boleh
Akan tetapi jika seorang menyembelih kambing
betina, kemudian ketika dia belah perutnya dia temukan ada janinnya, dan
janinnya mati saat disembelih induknya tadi, apakah boleh memakannya? Boleh
karena
"ذكاة الجنين ذكاة أمه"
“sesembelihan janin ikut sesembelihan
induknya”
“Ketika ada seseorang sholat dengan
sengaja sholat dzuhur dirokaat pertama langsung tasyahud awwal, apakah sah
sholatnya? Tidak sah” akan tetapi jika ada seorang dalam kondisi masbuq
(tertinggal) satu rokaat dari imam yang tasyahud awwal sedangkan bagi dia masih
rokaat pertama, apakah sholatnya masbuq tadi sah? Jawabannya sah kenapa? Karena
ma’mum ikut Imam, “Yatsbutu taba’an ma laa yatsbutu istiqlaalan”
والعرف معمول به إذا ورد حكم من الشرع الشريف لم يحد
Bait ke 28
“Urf (tradisi, kebiasaan dan budaya
masyarakat) itu diamalkan jika terdapat hukum syariat yang mulia yang tidak
diberi batasan oleh syariat”
Kaedah ini penting sekali, dan
termasuk dari kaedah khomsah kubro
1. Al A’maal bin Niyyaaat
2. Al Yaqiin Laa Yazuulu Bisy Syakk
3. Al Masyaqqah Tajlibut Taisiir
4. Adh Dhoror Yuzaal (Laa Dhororo Wa Laa Dhiroor)
5. Al ‘Aadah Muhakkamah
Apa itu ‘urf apa bedanya dengan ‘Adah?
‘Adah lebih Umum dari ‘Urf
Jika ada seorang yang mengerjakan
suatu amalan dengan terus menerus maka menjadi ‘adah (kebiasaan) baginya yakni
kebiasaan tidur setelah ashar setiap hari, apakah ini dianggap ‘urf?
Jawabannya tidak: tempatnya
tidur adalah malam hari dan diwaktu setelah ashar ini bukan sebuah ‘urf dalam
masyarakat digunakan untuk tidur
Dari sini kita tahu bahwa kebiasaan
tidur setelah ashar adalah ‘adah bukan ‘urf
Telah kita Jelaskan kemarin
sebagaimana yang disampaikan oleh Syaikh Ushaimi hafidzahullah:
ما اعتاده الناس أو اعتادته طائفة منهم، فإما أن يعتادوه جميعاً
أو غالبهم، فهذا هو العرف، فإذا جاءنا حكم فإنا نرجع في تحديده للعرف إذا لم يحصل
له تحديد من قبل الشارع، قال الله جل وعلا: {وَلَهُنَّ مِثْلُ الَّذِي عَلَيْهِنَّ بِالْمَعْرُوفِ} [البقرة:228].
يعني بالعرف.
فللمرأة من النفقة والسكنى ما يحكم فيه العرف، وهذا يختلف
باختلاف حال الزوج غنى أو فقراً أو توسطاً، وعلى ذلك فنقول: إنا نرجع في النفقة
إلى العرف، فما حكم به العرف في نفقة المرأة رجعنا إليه، لأن الشارع أرجعنا هنا
إلى العرف.
وكذلك في سائر الأحكام التي لم تحد من قبل الشارع، كالقبض مثلاً
في البيع نرجع فيه إلى العرف، فما عد قبضاً في العرف فهو قبض في حكم الشارع
فالمقصود أن قاعدة "العادة محكَّمة" عرفنا ما هي
العادة، واللهU قد أحال على العرف في الكثير من الأمور؛ كما قال: وَعلَى
الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ البقرة:
233ما حدد كم يدفع، لماذا؟ لأن هذا يختلف باختلاف الزمان
والمكان والحال من غِنى وفقر، فقد يكون هذا الإنسان النفقة التي تصلح لزوجته غير
النفقة التي تصلح لزوجة فلان، هذا غني وهذا فقير، ولهذا الفقهاء -رحمهم الله-
يتكلمون في النفقات فيمن تزوج امرأة غنية وهو غني، أنه ما يسكنها في خرابة، يسكنها
فيما يصلح لمثلها.
لو أنه كان فقيرًا وهي غنية، فالتوسط، مهما كان، ما
يسكنها في خرابة.
لو أنها فقيرة وهو غني، إذا كان فقيرًا لا يكلف
الله نفساً إلا وسعها، لكن إذا كان غنيًّا وهي فقيرة، فالتوسط، إذا هو فقير وهي
غنية: لَا
يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا مَا آتَاهَا الطلاق:
7.
لو أنه كان متوسط الحال فيسكنها وينفق عليها نفقة
لائقة بحاله، كما قال اللهU: لِيُنفِقْ
ذُو سَعَةٍ مِّن سَعَتِهِ الطلاق:7،
فهذا يختلف بحسب العرف، فـ"العادة محكَّمة"، هل هذه العادة على إطلاقها
محمكَّة دائماً أو هناك شروط حتى نعتبر هذه العادة؟.
بعض العلماء يقيد هذه القاعدة: "العادة
محكَّمة" إذا كانت جارية على وفق الشرع، والطبع السليم.
Posting Komentar untuk "“Bolehnya hukum pengikut, tapi tidak boleh jika bersendirian”"