Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Perkara dijamin syurga

Faedah Mudzakaroh shubuh Syaikh Abdur Rozzaq Bin Abdul Muhsin Al-Badr hafidzahumallah.


pejalan_sunnah

Jaminan Surga dengan melaksanakan 6 perkara.


ﺃَﺻْﺒَﺤْﻨَﺎ ﻭَﺃَﺻْﺒَﺢَ ﺍﻟْﻤُﻠْﻚُ ﻟِﻠَّﻪِ، ﻭَﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ، ﻻَ ﺇِﻟَـﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﻻَ ﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻪُ، ﻟَﻪُ ﺍﻟْﻤُﻠْﻚُ ﻭَﻟَﻪُ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻭَﻫُﻮَ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻗَﺪِﻳْﺮُ .

Ash-bahnaa wa ash-bahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir.

“Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."


ﺍﻟﻠﻬُﻢَّ ﻋﻠِّﻤﻨﺎ ﻣَﺎ ﻳَﻨْﻔَﻌُﻨﺎ ﻭَﺍﻧْﻔَﻌْﻨﺎ ﺑِﻤﺎ ﻋَﻠَّﻤﺘَﻨَﺎ ﻭﺯِﺩْﻧَﺎ ﻋِﻠﻤﺎ

Allahumma 'allimna ma yanfa 'una, wa anfa 'na bima 'allamtana wa zidna 'ilma.

"Ya Allah, tolong kami ajari apa yang bermanfaat bagi kami, bantu kami mendapatkan manfaat dari apa yang Engkau bantu untuk kami pelajari, dan mudahkanlah kami tuk memahaminya."

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇنا نسألك ﺍﻟﻬُﺪَﻯ ، ﻭﺍﻟﺘُّﻘَﻰ ، ﻭﺍﻟﻌَﻔَﺎﻑَ ، ﻭﺍﻟﻐِﻨَﻰ

“Allahumma inna nas-alukal huda wat tuqo wal ‘afaaf wal ghina.”
"Ya Allah, kami meminta pada-Mu petunjuk, ketakwaan, diberikan sifat ‘afaf dan ghina."

setelah menyampaikan muqoddimah dan doa, beliau mulai mengingatkan tentang hadits yang Agung dari hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam :

اضمنوا لي ستاً من أنفسكم أضمن لكم الجنة : اصدقوا إذا حدثتم ، وأوفوا إذا وعدتم ، وأدوا إذا ائتمنتم ، واحفظوا فروجكم ، وغضوا أبصاركم ، وكفوا أيديكم 
السلسلة الصحيحة للألباني رحمه الله رقم  1470 

“Jaminlah bagiku enam perkara, maka aku akan menjamin bagimu surga;
1. jujurlah jika kalian berbicara,
2. tunaikanlah jika kalian berjanji,
3. laksanakanlah jika kalian diamanahi,
4. jagalah kemaluan kalian,
5. tundukkan pandangan kalian dan
6. cegahlah tangan kalian(dari menyakiti manusia).”
Silsilah As Shahihah Syaikh Al-Albani rahimahullah No 1470


Kata (الضمان) : Jaminan
Akan kau dapati di kalangan manusia mendapat perhatian yang sangat besar. Kata ini senantiasa mengiringi aktifitas jual beli dan perniagaan mereka.Barang dagangan yang memiliki jaminan akan mendapat tempat tersendiri dibanding barang-barang yang tidak memilikinya.Ini menunjukkan, betapa tingginya perhatian manusia terhadap sesuatu yang memiliki jaminan tertentu, melebihi sesuatu yang tidak demikian, dengan perbedaan-perbedaan yang besar dari sisi-sisi kebenaran jaminan tersebut.Oleh karena itu, perhatian manusia terhadap hal ini semakin besar lagi.

(الضامن) هو رسول الله
yang menjamin adalah Rasulullah


(المضمون) هو دخول جنات النعيم
Jaminannya adalah masuk surga yang penuh kenikmatan yang luasnya seluas langit dan bumi.!? Yang isinya adalah sesuatu yang tidak pernah ada satu matapun yang pernah melihatnya, tidak ada satu telinga pun yang pernah mendengarnya dan tidak pernah terlintas sedikitpun dalam hati manusia.

Jaminan yang ada pada hadits ini ada 6, mudah bagi yang Allah mudahkan melaksanakannya.3 yang pertama dari jaminan ini merupakan sifat-sifat Ahlul Iman.karenanya Nabi sebutkan tentang tanda-tanda orang munafiq adalah kebalikan dari 3 sifat ini

Rasulullahi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

ﺁﻳَﺔُ ﺍﻟْﻤُﻨَﺎﻓِﻖِ ﺛَﻠَﺎﺙ ﺇِﺫَﺍ ﺣَﺪَّﺙَ ﻛَﺬَﺏَ، ﻭَ ﺇِﺫَﺍ ﻭَﻋَﺪَ ﺃَﺧْﻠَﻒَ، ﻭَ ﺇِﺫَﺍ ﺍﺅْﺗُﻤِﻦَ ﺧَﺎﻥَ

“Tanda orang munafik itu tiga apabila ia berucap berdusta, jika membuat janji berdusta, dan jika dipercayai mengkhianati” (HR Al-Bukhari,dan Muslim).

Jikalau orang munafik itu pendusta, suka berkhianat,  suka menipu, maka orang yang beriman adalah orang yang jujur tidak berdusta, menepati janji tidak berkhianat,  amanah menjaga amanahnya, dan mereka sangat menjauhi dari sifat-sifat jelek ini.

sabda beliau :


ﻭَﻛُﻔُّﻮﺍ ﺃَﻳْﺪِﻳَﻜُﻢ
"tahanlah tangan-tangan kalian (dari menyakiti manusia). Allah tidak menciptakan tangan ini digunakan untuk menyakiti orang lain."

Allah Ta'aala berfirman :

ﻭَﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻳُﺆْﺫُﻭﻥَ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ﻭَﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨَﺎﺕِ ﺑِﻐَﻴْﺮِ ﻣَﺎ ﺍﻛْﺘَﺴَﺒُﻮﺍ ﻓَﻘَﺪِ ﺍﺣْﺘَﻤَﻠُﻮﺍ ﺑُﻬْﺘَﺎﻧًﺎ ﻭَﺇِﺛْﻤًﺎ ﻣُﺒِﻴﻨًﺎ
Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang yang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata.[Qs Al Ahzab 58].

sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam :


 ﻭَﻏُﻀُّﻮﺍ ﺃَﺑْﺼَﺎﺭَﻛُﻢْ
"tundukkanlah pandangan kalian (dari melihat apa yang Allah haramkan dari melihatnya)."

Allah Ta'aala berfirman :

ﻗُﻞْ ﻟِﻠْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ﻳَﻐُﻀُّﻮﺍ ﻣِﻦْ ﺃَﺑْﺼَﺎﺭِﻫِﻢْ ﻭَﻳَﺤْﻔَﻈُﻮﺍ ﻓُﺮُﻭﺟَﻬُﻢْ ۚ ﺫَٰﻟِﻚَ ﺃَﺯْﻛَﻰٰ ﻟَﻬُﻢْ ۗ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺧَﺒِﻴﺮٌ ﺑِﻤَﺎ ﻳَﺼْﻨَﻌُﻮﻥَ
Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat".[Qs An-nur 30].

melihat adalah wasilah yang haram dan zina adalah tujuan yang diharamkan, diharamkan melihat dari yang haram karena melihat bisa menjadi wasilah pada tujuan yang keji ini

Allah berfirman :


ﻭَﻟَﺎ ﺗَﻘْﺮَﺑُﻮﺍ ﺍﻟﺰِّﻧَﺎ ۖ ﺇِﻧَّﻪُ ﻛَﺎﻥَ ﻓَﺎﺣِﺸَﺔً ﻭَﺳَﺎﺀَ ﺳَﺒِﻴﻠًﺎ
Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.[Qs Al Israa 32]

dan di dalam doa yang hendaknya setiap muslim senantiasa berdoa dengan doa ini


ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺁﺕ ﻧﻔﻮﺳﻨﺎ ﺗﻘﻮﺍﻫﺎ ﺯﻛِّﻬﺎ ﺃﻧﺖ ﺧﻴﺮُ ﻣَﻦ ﺯﻛّﺎﻫﺎ ﺃﻧﺖ ﻭﻟﻴُّﻬﺎ ﻭﻣﻮﻻﻫﺎ
ﻭﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ



Ringkasan Faedah Kajian Syaikh Abdur Razzaq Al Badr hafidzahullah 

---------------------
Penulis : Aditya Bahari

Artikel : pejalansunnah
Aditya Bahari
Aditya Bahari Alumni LIPIA Jakarta, Pengasuh Pejalansunnah, Staf Pengajar di PP Darut Taqwa Boyolali

Post a Comment for "6 Perkara dijamin syurga"