Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tafsir Surah Al Fiil

 


Tafsir Surah Al Fiil

(Oleh : Aditya Bahari)

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

 

Muqadimah

Surah Al Fil surah ke 105

Surah ini terdiri atas 5 ayat

Al Fil : Pasukan Gajah

Termasuk Surah Makkiyah

 

Bukan berbicara tentang besarnya Gajah, taupun hebatnya Abrahah, akan tetapi

ذكر فيها سبحانه، فضله العظيم وآلائه الكثيرة، ويذكر هنا عز وجل لكفار قريش فضله ومنته عليهم عندما أراد أبرهة

Allah Subhaanahu Wa Ta’aala berfirman:

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ

“(1) Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak melihat kejadian Al Fil

قوله: {أَلَمْ تَرَ} الخطاب لرسول الله صلى الله عليه وسلم، والرؤية علمية لا بصرية، لأنه لم يكن وقت الواقعة موجوداً.

أي وتقرير، والمعنى: اقرأ بأنك علمت قصة الفيل، وحذفت الألف من {تَرَ} للجازم.

قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: أَلَمْ تَسْمَعْ؟ وَاللَّفْظُ اسْتِفْهَامٌ، وَالْمَعْنَى تَقْرِيرٌ

Ibnu Abbas berkata: “Apakah kamu tidak mendengar”? lafadznya istifham maknanya taqriir:penegasan"

Imam Jalaluddin Al-Mahalli rahimahullah berkata,

{أَلَمْ تَرَ} اِسْتِفْهَام تَعَجُّب أَيْ اِعْجَبْ أي: أما رأيت من قدرة الله وعظيم شأنه، ورحمته بعباده، وأدلة توحيده، وصدق رسوله محمد صلى الله عليه وسلم

{كَيْف فَعَلَ رَبّك بِأَصْحَابِ‌‌ الْفِيل} هُوَ مَحْمُود  (قوله: (هو محمود) أي وهو الذي برك وضربوه في رأسه، وكان معه اثنا عشر فيلاً، وقيل ثمانية عشر، وقيل ألف، وأفرد الفيل إما موافقة لرؤوس الآي، أو لكونه نسبهم إلى الفيل الأعظم الذي يقال له (محمود).
)
وَأَصْحَابه أَبَرْهَة مَلِك الْيَمَن وَجَيْشه بَنَى بِصَنْعَاء كَنِيسَة لِيَصْرِف إِلَيْهَا الْحَاجّ عَنْ مَكَّة : أن النجاشي ملك الحبشة وهو أصحمة، جد النجاشي الذي آمن بالنبي صلى الله عليه وسلم،  فَأَحْدَثَ رَجُل مِنْ كِنَانَة فِيهَا وَلَطَّخَ قِبْلَتهَا بِالْعَذِرَةِ اِحْتِقَارًا بِهَا فَحَلَفَ أَبَرْهَة لَيَهْدِمَنَّ الْكَعْبَة فَجَاءَ مَكَّة بِجَيْشِهِ عَلَى أَفْيَال الْيَمَن مُقَدَّمهَا مَحْمُود فَحِين تَوَجَّهُوا لِهَدْمِ الْكَعْبَة أَرْسَلَ اللَّه عَلَيْهِمْ مَا قَصَّهُ فِي قَوْله

“Pertanyaan ta’ajjub, takjublah kamu {Asy Syaikh As Sa’di rahimahullah dalam tafsirnya: tidakkah kamu melihat dari kemampuan Allah dan agungnya Allah Subhaanahu WaTa’aala, dan kasih sayang-Nya kepada hamba-Nya, dan dalil Esa-Nya Allah, dan juga benarnya berita yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kabarkan}

(bagaimana Rabbmu telah bertindak kepada tentara bergajah?) Salah satu gajahnya yang terbesar bernama: Mahmud (yakni yang enggan untuk berdiri, sehingga mereka memukulnya di kepalanya, dan bersama mahmud ada 12 gajah, ada yang berkata 18, datang lafadznya fiil dengan tunggal bisa karena agar sesuai di setiap awal ayat, atau karena disandarkan ke gajah yang paling besar yang bernama Mahmud ; lihat Haasyiyah Ash Showi) dan Abrahah, gubernur Yaman dan tentaranya mereka membangun di shon’aa gereja untuk memalingkan orang-orang yang hendak pergi haji dari makkah menjadi ke yaman ke gereja ini. Orang Arab menyebutnya Al Qullais karena ketinggiannya, Maksudnya jika orang melihat gereja ini dari bawah, qulunsuwah (pecinya) sampai hampir jatuh dari kepalanya karena saking tingginya gereja tersebut  ; lihat Tafsir Ibnu Katsir)

 (Rajanya Habasyah saat itu An Najasyi yaitu Ashamah, kakeknya An Najasyi yang beriman kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam; lihat Hasyiyah Ash Showi)

Maka seorang lelaki dari kinanah buang hajat di dalam gereja dan mengotori liblatnya dengan kotorannya sebagai bentuk penghinaan pada gereja ini, maka Abrahah bersumpah untuk menghancurkan Ka’bah, kemudian singkatnya datang mereka ke Mekkah dengan pasukan tentaranya diatas Gajah-gajah yaman yang paling depan bernama Mahmud ketika mereka akan menghancurkan Ka’bah Allah utus kepada mereka apa yang Allah kisahkan dalam firman-Nya

Setelah Abrahah dan tentaranya serta Gajah mereka, menuju Ka’bah dan tidak ada halangan yang sulit bagi pasukan ini hingga sampai suatu peternakan onta dan merampasnya, dan diantara onta rampasan Abrahah ini ada 200 ekor onta Abdul Muthalib, Abdul Muthalib pun pergi menemui Abrahah

Kisah Abrahah & Abdul Muththalib

فَلَمَّا رَآهُ أَبْرَهَةُ أَجَلَّهُ، وَأَعْظَمَهُ عَنْ أَنْ يُجْلِسَهُ تَحْتَهُ، فَنَزَلَ أَبْرَهَةُ عَنْ سَرِيرِهِ، فَجَلَسَ عَلَى بِسَاطِهِ وَأَجْلَسَهُ مَعَهُ عَلَيْهِ إِلَى جَنْبِهِ. ثُمَّ قَالَ لِتُرْجُمَانِهِ: قُلْ لَهُ: حَاجَتُكَ؟ فَقَالَ لَهُ ذَلِكَ التُّرْجُمَانُ، فَقَالَ: حَاجَتِي أَنْ يَرُدَّ عَلَيَّ الْمَلِكُ مِائَتَيْ بَعِيرٍ أَصَابَهَا لِي. فَلَمَّا قَالَ لَهُ ذَلِكَ، قَالَ أَبْرَهَةُ لِتُرْجُمَانِهِ: قُلْ لَهُ لَقَدْ كُنْتُ أَعْجَبْتنِي حِينَ رَأَيْتُكَ، ثُمَّ قَدْ زَهِدْتُ فِيكَ حِينَ كَلَّمْتَنِي، أَتُكَلِّمُنِي فِي مِائَتَيْ بَعِيرٍ أَصَبْتُهَا لَكَ، وَتَتْرُكُ بَيْتًا هُوَ دِينُكَ وَدِينُ آبَائِكَ، قَدْ جِئْتُ لِهَدْمِهِ؟ لَا تُكَلِّمُنِي فِيهِ! قَالَ لَهُ عَبْدُ الْمُطَّلِبِ: إِنِّي أَنَا رَبُّ الْإِبِلِ، وَإِنَّ لِلْبَيْتِ رَبًّا سَيَمْنَعُهُ

Allah Subhaanahu Wa Ta’aala berfirman:

أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ

“(2) Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia?

Imam Jalaluddin Al-Mahalli rahimahullah berkata,

{أَلَمْ يَجْعَل} أَيْ جَعَلَ {كَيْدهمْ} فِي هَدْم الْكَعْبَة {فِي تَضْلِيل} خَسَارَة وَهَلَاك

“Ta’kiid mashdar aaalafa bil madd rihlah musim dingin ke Yaman, dan rihlah musim panas ke Syam (Palestina, Yordania, Lebanon, Suria) setiap tahun mereka menggunakan dua rihlah ini untuk berdagang agar tetap bisa tinggal di Mekah, berkhidmad kepada Baitullah, dimana adanya Baitullah merupakan kebanggaan bagi mereka: mereka (Quraisy) merupakan anak dari an Nadhor bin Kinanah:”

(Kaid ) Tipu daya: Biasanya tersembunyi

Tipu daya Abrahah terang-terangan tapi disana ada tipu daya yang dia sembunyikan diantaranya:

-          Ingin menghapus ibadah Haji

-          Memindahkan pusat perdagangan dari Mekah ke Yaman

-          Seakan-akan ingin balas dendam tapi dia memang ingin menghancurkan ka’bah

Sebagaimana Tipu Daya Fir’aun

-          Menyembelih anak laki-laki supaya tidak lengser kekuasaannya

Allah Subhaanahu Wa Ta’aala berfirman:

يُذَبِّحُونَ أَبْنَاءَكُمْ وَيَسْتَحْيُونَ نِسَاءَكُمْ

mereka menyembelih anak-anakmu yang laki-laki dan membiarkan hidup anak-anakmu yang perempuan. (Qs Al Baqarah: 49)

 

قَالَ ابْنُ إسْحَاقَ. ثُمَّ أَرْسَلَ عَبْدُ الْمُطَّلِبِ حَلْقَةَ بَابِ الْكَعْبَةِ، وَانْطَلَقَ هُوَ وَمَنْ مَعَهُ مِنْ قُرَيْشٍ إلَى شَعَف الْجِبَالِ فتحرَّزوا فِيهَا يَنْتَظِرُونَ ما أبرهة فاعل بمكة إذا دخلها.

أبرهة يهاجم الكعبة: فَلَمَّا أَصْبَحَ أَبْرَهَةُ تهيَّأ لِدُخُولِ مَكَّةَ، وَهَيَّأَ فيلَه، وعبَّى جيشَه -وَكَانَ اسمُ ‌الْفِيلِ مَحْمُودًا- وَأَبْرَهَةُ مُجْمِع لِهَدْمِ الْبَيْتِ، ثُمَّ الِانْصِرَافِ إلَى الْيَمَنِ. فَلَمَّا وَجَّهُوا ‌الْفِيلَ إلَى مَكَّةَ، أَقْبَلَ نُفَيل بن حبيب حتى قام إلى جنب ‌الفيل ثم أخذه بِأُذُنِهِ، فَقَالَ: ابرك مَحْمُودُ، أَوْ ارْجِعْ رَاشِدًا مِنْ حَيْثُ جِئْتَ، فَإِنَّكَ فِي بَلَدِ اللَّهِ الْحَرَامِ، ثُمَّ أَرْسَلَ أُذُنَهُ. فَبَرَكَ ‌الْفِيلُ، وَخَرَجَ نُفَيْل بْنُ حَبِيبٍ يَشْتَدُّ حَتَّى أصْعَد فِي الْجَبَلِ، وَضَرَبُوا ‌الْفِيلَ لِيَقُومَ فَأَبَى، فَضَرَبُوا فِي رأسه بالطَّبَرْزين (آلة من الحديد)

 

لِيَقُومَ فَأَبَى، فَأَدْخَلُوا محاجَن لَهُمْ فِي مَرَاقِّه فَبَزَغُوهُ بِهَا لِيَقُومَ فَأَبَى، فَوَجَّهُوهُ رَاجِعًا إلَى الْيَمَنِ فَقَامَ يُهَرْوِلُ، وَوَجَّهُوهُ إلَى الشَّامِ فَفَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ، وَوَجَّهُوهُ إلَى الْمَشْرِقِ فَفَعَلَ مِثْلَ ذلك، ووجهوه إلى مكة فبرك

(Lihat Siroh Ibnu Hisyam)

 

Allah Subhaanahu Wa Ta’aala berfirman:

وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ

“(3) dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong,

Imam Jalaluddin Al-Mahalli rahimahullah berkata,

{وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيل} جَمَاعَات جَمَاعَات قِيلَ لَا وَاحِد لَهُ كَأَسَاطِير وَقِيلَ وَاحِده أُبُول أَوْ إِبَال أَوْ إِبِّيل كَعُجُولِ وَمِفْتَاح وَسِكِّين

“Berbondong-bondong, Abaabiil ada yang mengatakan tidak memiliki isim mufrad sebagaimana asaathiir (dongeng) dikatakan juga ada mufrodnya yaitu “Ubuul, atau Ibaal, atau Ibbiil”

 

Sifat Burungnya

عقاب الله لأبرهة وجنده: فَأَرْسَلَ اللَّهُ تَعَالَى عَلَيْهِمْ طَيْرًا مِنْ الْبَحْرِ أَمْثَالَ الْخَطَاطِيفِ والبَلَسان مَعَ كُلِّ طَائِرٍ مِنْهَا ثَلَاثَةُ أَحْجَارٍ يَحْمِلُهَا: حَجَرٌ فِي مِنْقَارِهِ، وَحَجَرَانِ فِي رِجْلَيْهِ، أَمْثَالُ الْحِمَّصِ والعَدَس5 لَا تُصِيبُ مِنْهُمْ أَحَدًا إلَّا هَلَكَ، -وَلَيْسَ كُلُّهُمْ أَصَابَتْ- وَخَرَجُوا هَارِبِينَ يَبْتَدِرُونَ الطَّرِيقَ الَّذِي مِنْهُ جَاءُوا، وَيَسْأَلُونَ عَنْ نُفَيْل بْنِ حَبيب، لِيَدُلّهُمْ عَلَى الطَّرِيقِ إلَى الْيَمَنِ، فَقَالَ نُفَيل حِينَ رَأَى مَا أَنْزَلَ اللَّهُ بِهِمْ مِنْ نِقْمَتِهِ

(Lihat Siroh Ibnu Hisyam)

 

Allah Subhaanahu Wa Ta’aala berfirman:

تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ

“(4) yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar,

Imam Jalaluddin Al-Mahalli rahimahullah berkata,

{تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيل} طِين مَطْبُوخ ) أي محرق كالآجر، وكان طبخه بنار جهنم، وهي من الحجارة التي أرسلت على قوم لوط، وناسب إهلاكهم بالحجارة، لأنهم أرادوا هدم الكعبة

“Ta’kiid mashdar aaalafa bil madd rihlah musim dingin ke Yaman, dan rihlah musim panas ke Syam (Palestina, Yordania, Lebanon, Suria) setiap tahun mereka menggunakan dua rihlah ini untuk berdagang agar tetap bisa tinggal di Mekah, berkhidmad kepada Baitullah, dimana adanya Baitullah merupakan kebanggaan bagi mereka: mereka (Quraisy) merupakan anak dari an Nadhor bin Kinanah:”

فَلَمَّا جَاءَ أَمْرُنَا جَعَلْنَا عَالِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِنْ سِجِّيلٍ مَنْضُودٍ

Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi,

(Qs Hud 82)

 

Allah Subhaanahu Wa Ta’aala berfirman:

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ

“(5) lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

Imam Jalaluddin Al-Mahalli rahimahullah berkata,

{فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُول} كَوَرَقِ زَرْع أَكَلَتْهُ الدَّوَابّ وَدَاسَتْهُ وَأَفْنَتْهُ أَيْ أَهْلَكَهُمْ اللَّه تَعَالَى كُلّ وَاحِد بِحَجَرِهِ الْمَكْتُوب عَلَيْهِ اِسْمه وَهُوَ أَكْبَر مِنْ الْعَدَسَة وَأَصْغَر مِنْ الْحِمِّصَة يَخْرِق الْبَيْضَة وَالرَّجُل وَالْفِيل وَيَصِل إِلَى الْأَرْض وَكَانَ هَذَا عَام مولد النبي صلى الله عليه وسلم

“Seperti daun yang dimakan hewan ternak, yaitu Allah hancurkan mereka setiap orang dengan satu batu tertulis disetiap batu nama mereka, lebih besar dari biji adas, sejenis kacabg-kacangan melubangi sebesar telur,

 

فَخَرَجُوا يَتَسَاقَطُونَ بِكُلِّ طَرِيقٍ، ويهلِكون بكلِّ مَهْلِك عَلَى كُلِّ مَنْهَل، وَأُصِيبَ أَبْرَهَةُ فِي جَسَدِهِ، وخرجوا به معهمٍ يسقط أنْملة أنْملة: كُلَّمَا سَقَطَتْ أنْملة، أَتْبَعَتْهَا مِنْهُ مِدَّةٌ تَمُثُّ قَيْحًا وَدَمًا، حَتَّى قَدِمُوا بِهِ صَنْعَاءَ وَهُوَ مِثْلُ فَرْخ (ولد) الطَّائِرِ، فَمَا مَاتَ حَتَّى انْصَدَعَ (شقَّ) صدرهُ عَنْ قَلْبِهِ، فِيمَا يزعُمون

 

Aditya Bahari
Aditya Bahari Alumni LIPIA Jakarta, Pengasuh Pejalansunnah, Staf Pengajar di PP Darut Taqwa Boyolali

Posting Komentar untuk "Tafsir Surah Al Fiil"