Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KITAB AR RIQOQ : Nash-Nash Pelembut Hati

 KITAB AR RIQOQ

Nash-nash pelembut hati

 

DEFINISI ROQOIQ/RIQOOQ

Imam Bukhari rahimahullah:

كِتَابُ الرِّقَاقِ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ وَلَا عَيْشَ إِلَّا عَيْشُ الْآخِرَةِ

“Kitab Ar Riqoq; SEHAT DAN WAKTU LUANG DAN TIDAK ADA KEHIDUPAN KECUALI KEHIDUPAN AKHERAT

Boleh memakai istilah Ar Riqoq/Ar Roqoiq

Ibnu Hajar rahimahullah berkata:

قَالَ مُغْلَطَايْ عَبَّرَ جَمَاعَةٌ مِنَ الْعُلَمَاءِ فِي كتبهمْ بالرقائق قلت مِنْهُم بن الْمُبَارَكِ وَالنَّسَائِيُّ فِي الْكُبْرَى وَرِوَايَتُهُ كَذَلِكَ فِي نُسْخَةٍ مُعْتَمَدَةٍ مِنْ رِوَايَةِ النَّسَفِيِّ عَنِ الْبُخَارِيِّ وَالْمَعْنَى وَاحِدٌ وَالرِّقَاقُ وَالرَّقَائِقُ جَمْعُ رَقِيقَةٍ وَسُمِّيَتْ هَذِهِ الْأَحَادِيثُ بِذَلِكَ لِأَنَّ فِي كُلٍّ مِنْهَا مَا يُحْدِثُ فِي الْقَلْبِ رِقَّةً

Seberapa penting pembahasan ini?

Syaikh Al Utsaimin rahimahullah:

إن القلب قد يقسو بالمعاصي وكثرة الذنوب فيحتاج إلى شيء يرققه، والنصوص التي توجب رقة القلب يسميها أهل العلم: الرقاق، لأنها ترقق القلب وتلينه

“Hati itu bisa menjadi keras karena maksiat, dan banyaknya dosa, maka butuh untuk dilembutkan, Nash-nash yang bisa melembutkan hati diistilahkan oleh para Ulama dengan: Ar Riqoq, karena melembutkan hati dan membuatnya lunak”

HADITS 1: DUA NIKMAT YANG KEBANYAKAN MANUSIA TERTIPU

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ: الصِّحَّةُ وَالفَرَاغُ "

”Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”. (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas)

Ta’liq Mushthofa Bugho:

(نعمتان) تثنية نعمة وهي الحالة الحسنة وقيل هي المنفعة المفعولة على جهة الإحسان إلى غيره. (مغبون) من الغبن وهو النقص وقيل الغبن وهو ضعف الرأي. (الصحة) في الأبدان. (الفراغ) عدم ما يشغله من الأمور الدنيوية

Penjelasan kata dalam hadits

(nikmataani): bentuk dua dari nikmat, maknanya adalah: “kondisi yang baik, atau manfaat  yang bisa dipakai untuk berbuat baik ke orang lain”

(maghbun) : lemahnya akal

(Ash Shihah) : “sehat badannya”

(Al Faroogh) : “tidak ada perkara yang membuatnya sibuk”

Penjelasan Hadits:

Manusia terkalahkan

يعني أن هذين الجنسين من النعم مغبون فيهما كثير من الناس، أي مغلوب فيهما، وهما الصحة والفراغ، وذلك أن الإنسان إذا كان صحيحاً كان قادراً على ما أمره الله به أن يفعله، وكان قادراً على ما نهاه الله عنه أن يتركه لأنه صحيح البدن، منشرح الصدر، مطمئن القلب، كذلك الفراغ إذا كان عنده ما يؤويه وما يكفيه من مؤنة فهو متفرغ

Berlalu waktu luang tanpa ada faedah/manfaat

فإذا كان الإنسان فارغاً صحيحاً فإنه يغبن كثيراً في هذا، لأن كثيراً من أوقاتنا تضيع بلا فائدة ونحن في صحة وعافية وفراغ، ومع ذلك تضيع علينا كثيراً، ولكننا لا نعرف هذا الغبن في الدنيا، إنما يعرف الإنسان الغبن إذا حضره أجله، وإذا كان يوم القيامة، والدليل على ذلك قوله تعالى: (حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحاً فِيمَا تَرَكْتُ (المؤمنون: 100) ، وقال عز وجل في سورة المنافقون: (مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِين َ) (المنافقون: 10) ، وقال الله عز وجل: (وَلَنْ يُؤَخِّرَ اللَّهُ نَفْساً إِذَا جَاءَ أَجَلُهَا وَاللَّهُ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ) (المنافقون: 11) .

الواقع أن هذه الأوقات الكثيرة تذهب علينا سدىً، لا تنفع منها، ولا ننفع أحداً من عباد الله، ولا نندم على هذا إلا إذا حضر الأجل؛ يتمنى الإنسان أن يعطى فرصة ولو دقيقة واحدة لأجل أن يستعتب، ولكن لا يحصل ذلك.

ثم إن الإنسان قد لا تفوته هاتان النعمتان: الصحة والفراغ بالموت، بل قد تفوته قبل أن يموت، قد يمرض ويعجز عن القيام بما أوجب الله عليه، وقد يمرض ويكون ضيق الصدر لا يشرح صدره ويتعب، وقد ينشغل بطلب النفقة له ولعياله حتى تفوته كثير من الطاعات.

لا يعرف هذا الغبن إلا إذا مرض يقول: كيف لم أفعل في أيام الصحة؟ كيف ذهبت الأيام ويتبين له الغبن؟ وكذلك الفراغ فرزقه يأتيه على عتبة بابه لا يحتاج إلى طلبه، ثم إذا به ينشغل في طلب الرزق أو في غيره فحينئذ يذكر أنه مغبون في ما سبق حيث لم يعمل في فراغه، (شرح رياض الصالحين)

ولهذا ينبغي للإنسان العاقل أن ينتهز فرصة الصحة والفراغ بطاعة الله ـ عز وجل ـ بقدر ما يستطيع، إن كان قارئاً للقرآن فليكثر من قراءة القرآن، وإن كان لا يعرف القراءة يكثر من ذكر الله عز وجل، وإذا كان لا يمكنه

يأمر بالمعروف وينهى عن المنكر، أو يبذل لإخوانه كل ما يستطيع من معونة وإحسان، فكل هذه خيرات كثيرة تذهب علينا سدىً، فالإنسان العاقل هو الذي ينتهز الفرص؛ فرصة الصحة، وفرصة الفراغ

 

Ibnu Baththol rahimahullah mengatakan,

قَالَ بن بَطَّالٍ مَعْنَى الْحَدِيثِ أَنَّ الْمَرْءَ لَا يَكُونُ فَارِغًا حَتَّى يَكُونَ مَكْفِيًّا صَحِيحَ الْبَدَنِ فَمَنْ حَصَلَ لَهُ ذَلِكَ فَلْيَحْرِصْ عَلَى أَنْ لَا يَغْبِنَ بِأَنْ يَتْرُكَ شُكْرَ اللَّهِ عَلَى مَا أَنْعَمَ بِهِ عَلَيْهِ وَمِنْ شُكْرِهِ امْتِثَالُ أَوَامِرِهِ وَاجْتِنَابُ نَوَاهِيهِ فَمَنْ فَرَّطَ فِي ذَلِكَ فَهُوَ الْمَغْبُونُ

”Seseorang tidaklah dikatakan memiliki waktu luang hingga badannya juga sehat. Barangsiapa yang memiliki dua nikmat ini (yaitu waktu senggang dan nikmat sehat), hendaklah ia bersemangat, jangan sampai ia tertipu dengan meninggalkan syukur pada Allah atas nikmat yang diberikan. Bersyukur adalah dengan melaksanakan setiap perintah dan menjauhi setiap larangan Allah. Barangsiapa yang luput dari syukur semacam ini, maka dialah yang tertipu.”

 

Ibnu Hajar rahimahullah berkata:

وَأَشَارَ بِقَوْلِهِ كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ إِلَى ان الَّذِي يوفق لذَلِك قَلِيل

“Ucapan beliau: Kebanyakan manusia ini memberikan isyarat bahwa orang yang masih Allah berikan bimbingan dan taufiq masih sangat sedikit”

Ibnul Jauzi rahimahullah mengatakan:

قَدْ يَكُونُ الْإِنْسَانُ صَحِيحًا وَلَا يَكُونُ مُتَفَرِّغًا لِشُغْلِهِ بِالْمَعَاشِ وَقَدْ يَكُونُ مُسْتَغْنِيًا وَلَا يَكُونُ صَحِيحًا فَإِذَا اجْتَمَعَا فَغَلَبَ عَلَيْهِ الْكَسَلُ عَنِ الطَّاعَةِ فَهُوَ الْمَغْبُونُ

”Terkadang manusia berada dalam kondisi sehat, namun ia tidak memiliki waktu luang karena sibuk dengan urusan dunianya. Dan terkadang pula seseorang memiliki waktu luang, namun ia dalam kondisi tidak sehat. Apabila terkumpul pada manusia waktu luang dan nikmat sehat, sungguh akan datang rasa malas dalam melakukan amalan ketaatan. Itulah manusia yang telah tertipu (terperdaya).”

Oleh karenanya dikatakan para Ulama, bahwa dua nikmat ini adalah modal seorang hamba untuk beribadah kepada Allah Subhaanahu Wa Ta’aala, maka beribadah di dunia seperti menanam tanaman, yang keuntungan ibadah ini nanti akan kita panennya kita nanti adalah di akherat

Ibnul Jauzi rahimahullah berkata:

أَنَّ الدُّنْيَا مَزْرَعَةُ الْآخِرَةِ وَفِيهَا التِّجَارَةُ الَّتِي يَظْهَرُ رِبْحُهَا فِي الْآخِرَةِ فَمَنِ اسْتَعْمَلَ فَرَاغَهُ وَصِحَّتَهُ فِي طَاعَةِ اللَّهِ فَهُوَ الْمَغْبُوطُ وَمَنِ اسْتَعْمَلَهُمَا فِي مَعْصِيَةِ اللَّهِ فَهُوَ الْمَغْبُونُ لِأَنَّ الْفَرَاغَ يَعْقُبُهُ الشُّغْلُ وَالصِّحَّةُ يَعْقُبُهَا السَّقَمُ

Dunia adalah ladang beramal untuk menuai hasil di akhirat kelak. Dunia adalah tempat kita menjajakan barang dagangan, sedangkan keuntungannya akan diraih di akhirat nanti. Barangsiapa yang memanfaatkan waktu luang dan nikmat sehat dalam rangka melakukan ketaatan, maka dialah yang akan berbahagia. Sebaliknya, barangsiapa memanfaatkan keduanya dalam maksiat, dialah yang betul-betul tertipu. Sesudah waktu luang akan datang waktu yang penuh kesibukan. Begitu pula sesudah sehat akan datang kondisi sakit yang tidak menyenangkan.” (Lihat Fathul Bari)

 

KAPAN NIKMAT SEHAT ITU BERHARGA?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

“Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara

(1) Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,

(2) Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,

(3) Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,

(4) Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,

(5) Hidupmu sebelum datang matimu.”

(HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya 4: 341. Al Hakim mengatakan bahwa hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari Muslim namun keduanya tidak mengeluarkannya. Dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib mengatakan bahwa hadits ini shahih)

 

BAB : KEHIDUPAN HAKIKI HANYA DI AKHIRAT

Ini hakekat yang akan melembutkan hati kita, terkadang seorang tidak mencapai tujuan-tujuan dunianya, atau ketika dia melihat orang lain lebih banyak hartanya, atau bisa jadi pilihan hidupnya tidak sesuai ekspektasinya… agar supaya hati tidak terus jatuh, agar hati tidak berlarut dalam kesedihan dan penuh penyesalan, maka butuh diingatkan, bahwa inilah dunia

HADITS 2: KEHIDUPAN HAKIKI HANYA DI AKHERAT

عَنْ أَنَسٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «اللَّهُمَّ لَا عَيْشَ إِلَّا عَيْشُ الآخِرَهْ، فَأَصْلِحِ الأَنْصَارَ وَالمُهَاجِرَهْ»

‌‌ HADITS 3: KEHIDUPAN HAKIKI HANYA DI AKHERAT

حَدَّثَنَا سَهْلُ بْنُ سَعْدٍ السَّاعِدِيُّ: كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الخَنْدَقِ، وَهُوَ يَحْفِرُ وَنَحْنُ نَنْقُلُ التُّرَابَ، وَيَمُرُّ بِنَا، فَقَالَ: «اللَّهُمَّ لَا عَيْشَ إِلَّا عَيْشُ الآخِرَهْ، فَاغْفِرْ لِلْأَنْصَارِ وَالمُهَاجِرَهْ»

Peristiwa membuat parit (Khondaq) terjadi pada th 5 Hijriyah, ketika banyak pasukan yang mengepung Rasulullah di Madinah, dan Rasulullah khawatir jika mereka bisa masuk ke Madinah, maka beliau bermusyawarah dengan Salman Al Farisi apa pendapatnya, kemudian Salman mengusulkan untuk membuat parit, maka Rasulullah pun ikut menggali, bahkan tak jarag para Shahabat meminta bantuan beliau untuk memcahkan batu yang besar saat menggali, beliau ikut menggali sampai-sampai rambut beliau terkena tanah, beliau mengucapkan: “Tidak ada kehidupan, selain kehidupan akhirat”

Syaikh Utsaimin rahimahullah mengatakan:

صدق رسول الله فعيش الدنيا يزول إما أن يزول عنك أو تزول عنه لكن عيش الآخرة لا يزول

بل تؤثرون الحياة الدنيا...... ( الآية)

خير في هذا النعيم، وأبقى في الدوام، لهذا ينبغي للإنسان أن ينظر ماذا عمل لهذا العيش؟ لأن العيش الزائل، أكثر الناس ينظر ماذا يعمل للعيش الزائل، ولكن الحازم من عمل للعيش الباقي

ما ينبغي أن تأسف على ما فاتنا من الدنيا لأن هذا هو النتيجة حتما، إما أن يزول عنك وإما أن تزول عنه وأنت أشد ما تكون تعلقا به،

 

أنَّ الرسول صلّى الله عليه وسلّم كان إذا رأى شيئاً يعجبه من الدنيا يقول: «‌لبيكَ، ‌إنَّ ‌العيشَ عيشُ الآخرة»

لأن الإنسان إذا رأى ما يعجبُه مِن الدُّنيا رُبَّما يلتفت إليه فيُعرض عن الله، فيقول: «لبيك» استجابةً لله عزَّ وجلَّ، ثم يوطِّنُ نفسه فيقول: «إنَّ العيشَ عيشُ الآخرة» فهذا العيش الذي يعجبك عيش زائل، والعيش حقيقة هو عيش الآخرة، ولهذا كان من السُّنَّة إذا رأى الإنسانُ ما يعجبُه في الدُّنيا أن يقول: «‌لبيك، ‌إن ‌العيشَ عيشُ الآخرة ( شرح الممتع)

Allah Subhaanahu Wa Ta’aala mengingatkan:

وَلَا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ إِلَىٰ مَا مَتَّعْنَا بِهِ أَزْوَاجًا مِنْهُمْ زَهْرَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا لِنَفْتِنَهُمْ فِيهِ ۚ وَرِزْقُ رَبِّكَ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ

Dan janganlah engkau tujukan pandangan matamu kepada kenikmatan yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan dari mereka, (sebagai) bunga kehidupan dunia, agar Kami uji mereka dengan (kesenangan) itu. Karunia Rabbmu lebih baik dan lebih kekal.” (Thâhâ: 131)

Ini merupakan tarbiyah nafsiyyah (terapi jiwa) yang menakjubkan

Penyebutan Anshor lebih dahulu dari Al Muhajirin

Untuk menjaga timbangan syair, maka diakhiri dengan qofiyah huruf yang sama

Adapun yang kita bersama tahu Kaum Muhajirin lebih afdhol dari pada Kaum Anshor

والسابقون الأولون من المهاجرين والانصار

Juga karena kaum Muhajirin mengumpulkan antara hijrah dan meninggalkan tanah air juga tempat tinggal, Kaum Anshor juga memiliki keutamaan dimana mereka lebih mementingkan saudaranya dibandingkan diri mereka sendiri

لِلْفُقَرَاءِ الْمُهَاجِرِينَ الَّذِينَ أُخْرِجُوا مِنْ دِيَارِهِمْ وَأَمْوَالِهِمْ يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا وَيَنْصُرُونَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الصَّادِقُونَ

(Juga) bagi orang fakir yang berhijrah yang diusir dari kampung halaman dan dari harta benda mereka (karena) mencari karunia dari Allah dan keridhaan-Nya dan mereka menolong Allah dan Rasul-Nya. Mereka itulah orang-orang yang benar.

 

وَالَّذِينَ تَبَوَّءُوا الدَّارَ وَالْإِيمَانَ مِنْ قَبْلِهِمْ يُحِبُّونَ مَنْ هَاجَرَ إِلَيْهِمْ وَلَا يَجِدُونَ فِي صُدُورِهِمْ حَاجَةً مِمَّا أُوتُوا وَيُؤْثِرُونَ عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ ۚ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka (Anshor) 'mencintai' orang yang berhijrah kepada mereka (Muhajirin). Dan mereka (Anshor) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam kesusahan. Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yang beruntung (Qs Al Hasyr 8-9)

 

 

BAB : PERMISALAN DUNIA DIBANDING AKHERAT

اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ ۖ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَامًا ۖ وَفِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٌ ۚ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. (Qs Al Hadid: 20)

Ta’liq Musthofa Bugho

{اعلموا أنما}. (الحياة الدنيا. .) المراد التصرفات الدنيوية التي ليست فيها قربى وليست مما لا بد منه لإقامة الحياة. (زينة) ما يتزين الشيء به ويحسن مما هو خارج عن ذاته. (تفاخر) تباهي كل بما لديه. (تكاثر) سعي كل لأن يكون أكثر حظا في الشيء من غيره أو قوله أنا أكثر منك كذا وكذا. (غيث) مطر نافع. (الكفار) الزراع سموا بذلك لأنهم يكفرون البذر أي يغطونه. (يهيج) يجف وييبس ثم يصفر

(حطاما) يابسا متكسرا. (متاع) متعة يتمتع بها وينتفع لأمد قليل. (الغرور) تخدع من تعلق بها ومال إليها واستكان

Asy Syaikh Al Utsaimin rahimahullah berkata:

لعب في البدن، ولهو في القلب، وزينة في الظاهر، وتفاخر في القول، لك يفخر على الآخر ويعلو عليه، وتكاثر في الأموال والأولاد كل يقول أنا أكثر منك مالا، وأعز منك نفرا، ومثلها

عذاب شديد لمن آثر هذه الدنيا التي هي لهو ولعب وزينة وتفاخر في الأموال والأولاد،

ورضوان من الله لمن آثر الآخرة على الدنيا

عَنْ سَهْلٍ، قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «مَوْضِعُ سَوْطٍ فِي الجَنَّةِ، خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا، وَلَغَدْوَةٌ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَوْ رَوْحَةٌ، خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا»

“Tempat untuknya dan cemetinya di Surga lebih baik dari Dunia dan seisinya”

Asy Syaikh Utsaimin rahimahullah:

ليست دنياك التي تعيشها أنت، ولا الدنيا التي يعيشها الناسُ في وقتك بل الدنيا من أولها إلى آخرخا بما فيها من الأموال والبنين والقصور والمراكب وغير ذلك..... سوط في الجنة موضعه خير من الدنيا وما فيها

الغدوة : المكث أول النهار، والروح آخر النهار، في سبيل الله أي في الجهاد

 

Allah Subhaanahu Wa Ta’aala berfirman:

قُلْ مَتَاعُ الدُّنْيَا قَلِيلٌ وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ لِمَنِ اتَّقَىٰ

Katakanlah: "Kesenangan di dunia ini hanya sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertakwa (Qs An Nisa: 77)

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan perumpamaan bahwa dunia ini seperti setetes air yang melekat di jari, sedangkan akhirat merupakan samudera yang sangat luas. Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَاللهِ ، مَا الدُّنْيَا فِـي الْآخِرَةِ إِلَّا مِثْلُ مَا يَـجْعَلُ أَحَدُكُمْ إِصْبَعَهُ هٰذِهِ – وَأَشَارَ يَحْيَ بِالسَّبَّابَةِ – فِـي الْيَمِّ ، فَلْيَنْظُرْ بِمَ تَرْجِـعُ

Demi Allâh! Tidaklah dunia dibandingkan akhirat melainkan seperti salah seorang dari kalian mencelupkan jarinya ke laut, -(perawi hadits ini yaitu)Yahya  memberikan isyarat dengan jari telunjuknya- lalu hendaklah dia melihat apa yang dibawa jarinya itu?

HR. Muslim, no. 2858 dan Ibnu Hibbân, no. 4315-at-Ta’lîqâtul Hisân dari al-Mustaurid al-Fihri Radhiyallahu anhu

 

Aditya Bahari
Aditya Bahari Alumni LIPIA Jakarta, Pengasuh Pejalansunnah, Staf Pengajar di PP Darut Taqwa Boyolali

Posting Komentar untuk "KITAB AR RIQOQ : Nash-Nash Pelembut Hati"