Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenal lebih dekat Manhaj Salaf


Danau pejalansunnah


APA ITU SALAFIYAH

Salafiyyah dia adalah metode dalam memahami agama seluruhnya, dalam masalah Aqidah, Fiqh, Akhlaq, Ittibaa', Berdalil, Dakwah, Perbaikan.salafiyyah adalah menisbatkan kepada Assalafus Shalih (orang sholeh terdahulu).siapa mereka?Mereka adalah Para Shahabat, dan Para pengikut mereka sampai hari qiyamat.dan metode/manhaj ini wajib diikuti disetiap zaman tanpa terkecuali, dan tidak tercela, bukan aib bagi mereka yang menisbatkan pada manhaj salaf ini, bahkan wajib untuk menerimanya secara kesepakatan.


Dan hakekat manhaj salaf ini adalah Islam Itu sendiri, Islam yang murni yang Nabi dan para shahabat beliau berada diatasnya, sebelum munculnya firqoh-firqoh(golongan-golongan) dan perpecahan.

Dan diantara Dalilnya banyak terdapat di Al-Quran dan Al Hadits serta Nash dari para Ulama atas wajibnya mengikuti manhaj ini dan berjalan diatasnya.

Allah berfirman :

ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﺸَﺎﻗِﻖِ ﺍﻟﺮَّﺳُﻮﻝَ ﻣِﻦْ ﺑَﻌْﺪِ ﻣَﺎ ﺗَﺒَﻴَّﻦَ ﻟَﻪُ ﺍﻟْﻬُﺪَﻯٰ ﻭَﻳَﺘَّﺒِﻊْ ﻏَﻴْﺮَ ﺳَﺒِﻴﻞِ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ﻧُﻮَﻟِّﻪِ ﻣَﺎ ﺗَﻮَﻟَّﻰٰ ﻭَﻧُﺼْﻠِﻪِ ﺟَﻬَﻨَّﻢَ ۖ ﻭَﺳَﺎﺀَﺕْ ﻣَﺼِﻴﺮًﺍ
Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.
(QS An Nisa 115).

juga Firman Allah Ta'aala :

ﻓَﺈِﻥْ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﺑِﻤِﺜْﻞِ ﻣَﺎ ﺁﻣَﻨْﺘُﻢْ ﺑِﻪِ ﻓَﻘَﺪِ ﺍﻫْﺘَﺪَﻭْﺍ ۖ ﻭَﺇِﻥْ ﺗَﻮَﻟَّﻮْﺍ ﻓَﺈِﻧَّﻤَﺎ ﻫُﻢْ ﻓِﻲ ﺷِﻘَﺎﻕٍ ۖ ﻓَﺴَﻴَﻜْﻔِﻴﻜَﻬُﻢُ ﺍﻟﻠَّﻪُ ۚ ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟﺴَّﻤِﻴﻊُ ﺍﻟْﻌَﻠِﻴﻢُ
Maka jika mereka beriman kepada apa yang kamu telah beriman kepadanya, sungguh mereka telah mendapat petunjuk; dan jika mereka berpaling, sesungguhnya mereka berada dalam permusuhan (dengan kamu). Maka Allah akan memelihara kamu dari mereka. Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.(QS Al Baqarah 137).

ﻭﻗﻮﻟﻪ ﺻﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠَّﻢ :
)) ﻓﺈﻧﻪُ ﻣﻦ ﻳﻌِﺶْ ﻣﻨﻜﻢ ﻓﺴﻴﺮَﻯ ﺍﺧﺘﻼﻓًﺎ ﻛﺜﻴﺮًﺍ ، ﻓﻌﻠﻴﻜﻢ ﺑﺴﻨَّﺘﻲ ﻭﺳﻨَّﺔِ ﺍﻟﺨﻠﻔﺎﺀِ ﺍﻟﺮﺍﺷﺪﻳﻦَ ﺍﻟﻤﻬﺪﻳِّﻴﻦَ ، ﻋَﻀُّﻮﺍ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺑﺎﻟﻨَّﻮﺍﺟﺬِ . ﻭﺇﻳﺎﻛﻢ ﻭﻣﺤﺪَﺛﺎﺕِ ﺍﻷﻣﻮﺭِ ؛ ﻓﺈﻥَّ ﻛﻞَّ ﺑﺪﻋﺔٍ ﺿﻼﻟﺔٌ (( ‏[ ﺭﻭﺍﻩ ﺃﺣﻤﺪ ‏( 17144 ‏) ، ﻭﺃﺑﻮ ﺩﺍﻭﺩ ‏( 460 ‏) ، ﻭﺍﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ ‏( 42 ‏) ، ﻭﻏﻴﺮﻫﻢ
Sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam : sungguh yang hidup setelahku akan melihat perpecahan yang banyak, maka peganglah Sunnahku dan sunnahnya Alkhulafaa Arroosidhiin,dan gigit dengan gerahammu,dan hati-hatilah dari perkara baru dalam agama sesungguhnya setiap bid'ah adalah sesat.[HR. Ahmad]

dan berkata syaikhul islam Ibnu Taimiyah rahimahullah :"

 ﻻ ﻋﻴﺐ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﺃﻇﻬﺮ ﻣﺬﻫﺐ ﺍﻟﺴﻠﻒ ﻭﺍﻧﺘﺴﺐ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺍﻋﺘﺰﻯ ﺇﻟﻴﻪ، ﺑﻞ ﻳﺠﺐ ﻗَﺒﻮﻝُ ﺫﻟﻚ ﻣﻨﻪ ﺑﺎﻻﺗﻔﺎﻕ؛ ﻓﺈﻥَّ ﻣﺬﻫﺐ ﺍﻟﺴَّﻠﻒ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺇﻟَّﺎ ﺣﻘًّﺎ ‏) ﻣﺠﻤﻮﻉ ﺍﻟﻔﺘﺎﻭﻯ ‏( /4 149 ‏)
"tiada aib bagi yang memampakkan madzhab salaf dan menisbatkan kepadany, bahkan  wajib untuk menerimanya secara sepakat, dan sungguh madzhab salaf itu tidak lain adalah kebenaran."(Majmuu' Fatawa)

berkata syaikh shalih al Utsaimin rahimahullahu ta'aala :

، ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﺑﻦ ﻋﺜﻴﻤﻴﻦ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : ‏( ﺍﻟﺴَّﻠﻔﻴﺔ ﺗُﻄﻠﻖ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻨﻬﺎﺝ ﺍﻟﺬﻱ ﺳﻠﻜﻪ ﺍﻟﺴَّﻠﻒ ﺍﻟﺼﺎﻟﺢ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻢ، ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲُّ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ : )) ﺇﻥَّ ﺃﻣَّﺘﻲ ﺳﺘﻔﺘﺮﻕ ﻋﻠﻰ ﺛﻼﺙٍ ﻭﺳﺒﻌﻴﻦ ﻓِﺮﻗﺔً ،ﻛﻠُّﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻨَّﺎﺭ ﺇﻟَّﺎ ﻭﺍﺣﺪﺓ، ﻭﻫﻲ ﺍﻟﺠَﻤﺎﻋﺔ (( ، ﻭﻓﻲ ﻟﻔﻆ : )) ﻣَﻦ ﻛﺎﻥ ﻋﻠﻰ ﻣِﺜﻞ ﻣﺎ ﺃﻧﺎ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺃﺻﺤﺎﺑﻲ (( ، ﻭﺑﻨﺎﺀً ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﺗﻜﻮﻥ ﺍﻟﺴﻠﻔﻴَّﺔ ﻫﻨﺎ ﻣﻘﻴَّﺪﺓ ﺑﺎﻟﻤﻌﻨﻰ؛ ﻓﻜﻞُّ ﻣَﻦ ﻛﺎﻥ ﻋﻠﻰ ﻣﻨﻬﺎﺝ ﺍﻟﺼَّﺤﺎﺑﺔ ﻭﺍﻟﺘﺎﺑﻌﻴﻦ ﻭﺗﺎﺑﻌﻴﻬﻢ ﺑﺈﺣﺴﺎﻥ، ﻓﻬﻮ ﺳﻠﻔﻲٌّ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﻋﺼﺮﻧﺎ، ﻫﺬﺍ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻘﺮﻥ ﺍﻟﺮَّﺍﺑﻊ ﻋﺸﺮ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﻬِﺠﺮﺓ ‏) ‏[ ﻓﺘﺎﻭﻯ ﻧﻮﺭ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺪﺭﺏ - ﻻﺑﻦ ﻋﺜﻴﻤﻴﻦ ‏( /2 [(4 ،
As salafiyyah mencakup manhaj yang ditempuh oleh Para salafus sholeh (para shahabat). sebagaimana dalam hadits perpecahan umat, semua dineraka kecuali satu, apa yang aku diatasnya dan para shahabatku.dan berlandaskan ini maka salafiyah itu terikat dengan makna. maka setiap orang yang berada pada manhaj para shahabat, taabi'in dan taabi'ut taabi'iin dengan benar maka dia disebut Salafiyy.

Fatwa Nur ala darb

syaikh al utsaimin




=====================================================================
Alih bahasa
oleh Pejalansunnah
dari artikel :
https://dorar.net/article/1584
Aditya Bahari
Aditya Bahari Alumni LIPIA Jakarta, Pengasuh Pejalansunnah, Staf Pengajar di PP Darut Taqwa Boyolali

2 comments for "Kenal lebih dekat Manhaj Salaf"