Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tafsir Qs At Tiin

Tafsir Qs At Tiin

 

Muqadimah

Menurut pendapat jumhur ulama, surat At-Tiin adalah surat Makiyyah yang diturunkan kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam sebelum berhijrah ke kota Madinah. Karena dalam surat ini Allah berfirman وَهَٰذَا الْبَلَدِ الْأَمِينِ “Demi kota ini yang aman.” Dalam ayat tersebut, Allah menggunakan isim isyarah هَٰذَا yang bermakna “ini” (isyarat kepada yang dekat) sehingga yang dimaksudkan adalah kota Mekkah yaitu sebelum Nabi berhijrah ke kota Madinah.

Surat At-Tiin berisi penjelasan tentang nikmat yang Allah berikan kepada manusia. Allah telah menciptakan manusia di atas bentuk yang paling indah. Tetapi setelah diberi kenikmatan, manusia terbagi menjadi dua model. Diantara mereka ada yang bersyukur kemudian beriman dan beramal shaleh sehingga bagi mereka surga Allah. Namun ada pula yang kufur terhadap nikmat Allah sehingga mereka dikembalikan ke tempat yang serendah-rendahnya yaitu ke neraka Jahannam.

Allah Subhaanahu Wa Ta’aala berfirman:

وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ

(1). Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,

Imam Jalaluddin Al-Mahalli rahimahullah berkata,

{وَ‌‌التِّين وَالزَّيْتُون} أَيْ الْمَأْكُولَيْنِ أَوْ جَبَلَيْنِ بِالشَّامِ ينبتان المأكولين

Buah yang dimakan atau tafsir yang lain adalah dua gunung di Syam  

Para Ulama tafsir berbeda pendapat

Ada yang menafsirkan At tin adalah Masjid Dimasyq, Imam Al Qurthubi mengatakan:

هُوَ مَسْجِدُ أَصْحَابِ الْكَهْفِ  عن محمد بن كعل

“dia adalah Masjid Pemuda Al Kahfi”

Dan diriwayatkan dari Al ‘Aufiy dari Ibnu Abbas radhiyAllahu ‘anhuma :

أَنَّهُ مَسْجِدُ نُوحٍ الَّذِي عَلَى الْجُودِيِّ.

“dia adalah Masjid Nabi Nuh yang berada diatas gunung Judiy”

 

Ada yang mengatakan At Tin adalah buah tin itu sendiri sebagaimana dikatakan oleh Imam Mujahid

هُوَ تِينِكُمْ هَذَا

“dia adalah buah tin kalian ini”

Dan Buah Zaitun

Allah menyebutkannya di dalam Al-Quran:

وَشَجَرَةً تَخْرُجُ مِن طُورِ سَيْنَاءَ تَنبُتُ بِالدُّهْنِ وَصِبْغٍ لِّلْآكِلِينَ

“Dan (Kami tumbuhkan) pohon (zaitun) yang tumbuh dari gunung Sinai, yang menghasilkan minyak, dan bahan pembangkit selera bagi orang-orang yang makan.” (QS Al-Mu’minun : 20)

 

Pohon dan buah Zaitun itu diberkahi oleh Allah Ta’ala. Sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’an. Allah Ta’ala berfirman:

اللَّهُ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ مَثَلُ نُورِهِ كَمِشْكَاةٍ فِيهَا مِصْبَاحٌ الْمِصْبَاحُ فِي زُجَاجَةٍ الزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّيٌّ يُوقَدُ مِنْ شَجَرَةٍ مُبَارَكَةٍ زَيْتُونَةٍ لَا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِيءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ

“Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon Zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api” (QS. An Nur: 35).

 

وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ خصهما من الثمار بالقسم لأن التين فاكهة طيبة لا فضل له وغذاء لطيف سريع الهضم، ودواء كثير النفع فإنه يلين الطبع ويحلل البلغم ويطهر الكليتين، ويزيل رمل المثانة ويفتح سدد الكبد والطحال، ويسمن البدن

“At Tiin, dan Zaitun dikhususkan penyebutannya diantara buah-buah yang lain yang Allah bersumpah dengannya karena buah Tin adalah buah yang thoyyibah yang baik, semuanya bisa dimanfaatkan, makanan yang mudah dikunyah, dan obat dan banyak manfaatnya seperti melunakkan tabiat, mengencerkan dahak, membersihkan ginjal, menghilangkan kencing batu, dan membukan penyumbat hati dan limpa, mengemukkan badan” (Lihat Tafsir Al Baidhowi)

 

Allah Subhaanahu Wa Ta’aala berfirman:

وَطُورِ سِينِينَ

(2). dan demi bukit Sinai,

Imam Jalaluddin Al-Mahalli rahimahullah berkata,

{وَطُور سِينِينَ} الْجَبَل الَّذِي كَلَّمَ اللَّه تَعَالَى عَلَيْهِ مُوسَى وَمَعْنَى سِينِينَ الْمُبَارَك أَوْ الْحَسَن بِالْأَشْجَارِ الْمُثْمِرَة

Gunung sinai yang Allah berbicara dengan Musa ‘Alaihis salam , Siniin maknanya adalah berberkah atau hasan, dengan pepohonan yang berbuah

وسِينِينَ وسَيْناءَ اسمان للموضع الذي هو فيه

Siniin dan Sainaa dua nama untuk tempat yang ada disana (Tafsir Al Baidhowi)

 

Allah Subhaanahu Wa Ta’aala berfirman:

وَهَٰذَا الْبَلَدِ الْأَمِينِ

(3). dan demi kota (Mekah) ini yang aman,

Imam Jalaluddin Al-Mahalli rahimahullah berkata,

{وَهَذَا الْبَلَد الْأَمِين} مَكَّة لِأَمْنِ النَّاس فِيهَا جاهلية وإسلاما

Negeri yang aman yajni Mekah karena manusia aman disana baik dimasa Jahiliyyah maupun dimasa datangnya Islam

{وَهَذَا الْبَلَدِ الأمِينِ} يَعْنِي: مَكَّةَ. قَالَهُ ابْنُ عَبَّاسٍ، وَمُجَاهِدٌ، وَعِكْرِمَةُ، وَالْحُسْنُ، وَإِبْرَاهِيمُ النَّخَعِي، وَابْنُ زَيْدٍ، وَكَعْبُ الْأَحْبَارِ. وَلَا خِلَافَ فِي ذَلِكَ  ( انظر تفسير ابن كثير)

 

Allah berfirman tentang keamanan kota Mekkah:

وَمَن دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا

“Barangsiapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia.” (QS Ali ‘Imran : 97)

وَقَالَ بَعْضُ الْأَئِمَّةِ: هَذِهِ مَحَالٌّ ثَلَاثَةٌ، بَعَثَ اللَّهُ فِي كُلِّ وَاحِدٍ مِنْهَا نَبِيًّا مُرْسَلًا مِنْ أُولِي الْعَزْمِ أَصْحَابِ الشَّرَائِعِ الْكِبَارِ، فَالْأَوَّلُ: مَحَلَّةُ التِّينِ وَالزَّيْتُونِ، وَهِيَ بَيْتُ الْمَقْدِسِ الَّتِي بَعَثَ اللَّهُ فِيهَا عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ. وَالثَّانِي: طُورُ سِينِينَ، وَهُوَ طُورُ سَيْنَاءَ الَّذِي كَلَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ مُوسَى بْنَ عِمْرَانَ. وَالثَّالِثُ: مَكَّةُ، وَهُوَ الْبَلَدُ الْأَمِينُ الَّذِي مَنْ دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا، وَهُوَ الَّذِي أَرْسَلَ فِيهِ مُحَمَّدًا صلى الله عليه وسلم  (انظر تفسير ابن كثير)

 

Allah Subhaanahu Wa Ta’aala berfirman:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

(4). sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Imam Jalaluddin Al-Mahalli rahimahullah berkata,

{لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَان} الْجِنْس {فِي أَحْسَن تَقْوِيم} تعديل لصورته

Sungguh Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya (sesuai dengan bentuknya)

Melihat tanda-tanda kebesaran Allah kauniyyah ini akan bisa mengantarkan kita pada ma’rifatullah

Asy Syaikh Utsaimin rahiahullah berkata:

و‌‌آيات الله تعالى نوعان: كونية وشرعية، فالكونية هي المخلوقات، والشرعية هي الوحي الذي أنزله الله على رسله

فإن الإنسان كلما نظر في تلك الآيات ازداد علماً بخالقه ومعبودة قال الله عز وجل: {وَفِي الْأَرْضِ آيَاتٌ لِلْمُوقِنِينَ وَفِي أَنْفُسِكُمْ أَفَلا تُبْصِرُونَ} [سورة الذاريات، الآيتين: 20-21] ( انظر شرح ثلاثة الأصول )

Coba kita melihat pada diri kita, detak jantung kita, syaraf yang menuju otak kita , SubhaanAllah seluruh anggota badan kita yang sempurna ini seharusnya membuat kita semakin yakin bahwa Allah adalah Rabb kita dan yang paling berhak untuk kita Ibadahi

وَفِي أَنفُسِكُمْ ۚ أَفَلَا تُبْصِرُونَ

“Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memerhatikan?” (QS Adz-Dzariyat : 21)

قَالَ قَتَادَةُ: مَنْ تَفَكَّرَ فِي خَلْقِ نَفْسِهِ عَرَفَ أَنَّهُ إِنَّمَا خُلِقَ وَلُيِّنَتْ مَفَاصِلُهُ لِلْعِبَادَةِ

Allah berfirman:

وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلَا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَدًا

Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah. (QS Al Jin : 18)

وَقَالَ سَعِيدُ بْنُ جُبَيْرٍ. نَزَلَتْ فِي أَعْضَاءِ السُّجُودِ، أَيْ: هِيَ لِلَّهِ فَلَا تَسْجُدُوا بِهَا لِغَيْرِهِ. وَذَكَرُوا عِنْدَ هَذَا الْقَوْلِ الْحَدِيثَ الصَّحِيحَ، مِنْ رِوَايَةِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ طَاوُسٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ: عَلَى الْجَبْهَةِ -أَشَارَ  بِيَدَيْهِ إِلَى أَنْفِهِ-وَالْيَدَيْنِ وَالرُّكْبَتَيْنِ وَأَطْرَافِ الْقَدَمَيْنِ (رواه البخاري في صحيحه برقم (812) ، صحيح مسلم برقم (490))

 

Allah Subhaanahu Wa Ta’aala berfirman:

ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ

(5). Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),

Imam Jalaluddin Al-Mahalli rahimahullah berkata,

{ثُمَّ رَدَدْنَاهُ} فِي بَعْض أَفْرَاده {أَسْفَل سَافِلِينَ} كِنَايَة عَنْ الْهَرَم وَالضَّعْف فَيَنْقُص عَمَل الْمُؤْمِن عن زمن الشباب ويكون له أجره بقوله تعالى

Buah yang dimakan atau tafsir yang lain adalah dua gunung di Syam

{ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ} أَيْ: إِلَى النَّارِ. قَالَهُ مُجَاهِدٌ، وَأَبُو الْعَالِيَةِ، وَالْحَسَنُ، وَابْنُ زَيْدٍ، وَغَيْرُهُمْ. ثُمَّ بَعْدَ هَذَا الْحُسْنِ وَالنَّضَارَةِ مَصِيرُهُ إِلَى النَّارِ إِنْ لَمْ يُطِعِ اللَّهَ وَيَتَّبِعِ الرُّسُلَ؛ وَلِهَذَا قَالَ: {إِلا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ}

وَقَالَ بَعْضُهُمْ: {ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ} أَيْ: إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ. رُوي هَذَا عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، وَعِكْرِمَةَ -حَتَّى قَالَ عِكْرِمَةُ: مَنْ جَمَعَ الْقُرْآنَ لَمْ يُرَدّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ. وَاخْتَارَ ذَلِكَ ابْنُ جَرِيرٍ. وَلَوْ كَانَ هَذَا هُوَ الْمُرَادُ لَمَا حَسُن اسْتِثْنَاءُ الْمُؤْمِنِينَ مِنْ ذَلِكَ؛ لِأَنَّ الهَرَم قَدْ يصيبُ بَعْضَهُمْ، وَإِنَّمَا الْمُرَادُ مَا ذَكَرْنَاهُ، كَقَوْلِهِ: {وَالْعَصْرِ إِنَّ الإنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ إِلا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ} [الْعَصْرِ: 1 -3]

Ardalil Umur: Pikun

Allah Subhaanahu Wa Ta’aala berfirman:

إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ

(6). “Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebaikan, maka mereka akan mendapat pahala yang tidak ada putusnya”

Imam Jalaluddin Al-Mahalli rahimahullah berkata,

{إِلَّا} لَكِنْ {الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَات فَلَهُمْ أَجْر غَيْر مَمْنُون} مَقْطُوع وَفِي الْحَدِيث إِذَا بَلَغَ الْمُؤْمِن مِنْ الْكِبَر مَا يُعْجِزهُ عَنْ الْعَمَل كُتِبَ لَهُ مَا كَانَ يَعْمَل

Buah yang dimakan atau tafsir yang lain adalah dua gunung di Syam

Dari Abu Musa Al Asy’ari radhiallahu’anhu:

إِذَا مَرِضَ الْعَبْدُ أَوْ سَافَرَ كُتِبَ لَهُ مِثْلُ مَا كَانَ يَعْمَلُ مُقِيمًا صَحِيحًا

“Apabila seorang hamba sakit atau bepergian (safar), dicatat (amalannya) seperti apa yang dikerjakannya ketika dia bermukim dan sehat’” (HR Bukhari).

 

Allah Subhaanahu Wa Ta’aala berfirman:

فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّينِ

(7). “Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?

Imam Jalaluddin Al-Mahalli rahimahullah berkata,

{فَمَا يُكَذِّبك} أَيّهَا الْكَافِر {بَعْد} بَعْد مَا ذُكِرَ مِنْ خَلْق الْإِنْسَان فِي أَحْسَن صُورَة ثُمَّ رَدّه إِلَى أَرْذَل الْعُمُر الدَّالّ عَلَى الْقُدْرَة عَلَى الْبَعْث {بِالدِّينِ} بِالْجَزَاءِ الْمَسْبُوق بِالْبَعْثِ وَالْحِسَاب أَيْ مَا يَجْعَلك مُكَذِّبًا بِذَلِكَ وَلَا جاعل له

Buah yang dimakan atau tafsir yang lain adalah dua gunung di Syam

Tentang kata ganti كَ dalam kalimat يُكَذِّبُكَ, maka para ulama berbeda pendapat menjadi dua pendapat. Pendapat pertama, kata ganti كَ tersebut kembali kepada orang kafir, sehingga makna potongan ayat adalah, “Maka apa yang menyebabkan engkau wahai orang kafir mendustakan hari pembalasan?” Padahal Allah telah memberi kenikmatan dan telah menciptakanmu dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

 

Pendapat kedua, kata ganti كَ tersebut kembali kepada Nabi Muhammad, sehingga makna potongan ayat adalah, “Maka apa yang membuat mereka mendustakan engkau wahai Muhammad?” Padahal Nabi telah membawakan banyak dalil dan hujjah dari Allah, tetapi mengapa mereka tetap mendustakan hari pembalasan?.

Allah Subhaanahu Wa Ta’aala berfirman:

أَلَيْسَ اللَّهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِينَ

(8). Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?

Imam Jalaluddin Al-Mahalli rahimahullah berkata,

{أَلَيْسَ اللَّه بِأَحْكَم الْحَاكِمِينَ} هُوَ أَقْضَى الْقَاضِينَ وَحُكْمه بِالْجَزَاءِ مِنْ ذَلِكَ وَفِي الْحَدِيث مَنْ قَرَأَ وَالتِّين إِلَى آخِرهَا فَلْيَقُلْ بَلَى وَأَنَا على ذلك من الشاهدين

Buah yang dimakan atau tafsir yang lain adalah dua gunung di Syam

Diantara Nama Allah adalah Al Hakiiim

Memiliki dua makna

1.       Al Hakim: Hakim bahwa Allah adalah hakim yang paling adil

2.       Al Muhkim (Allah menghukumi sesuatu pasti ada hikmahnya)

As-Sa’di berkata :

فَهَلْ تَقْتَضِي حِكْمَتُهُ أَنْ يَتْرُكَ الْخَلْقَ سُدًى لاَ يُؤْمَرُوْنَ وَلاَ يُنْهَوْنَ، وَلاَ يُثَابُوْنَ وَلاَ يُعَاقَبُوْنَ؟

Apakah konsekuensi hikmah Allah adalah Allah menciptakan manusia lantas dibiarkan begitu saja tanpa diperintah, tanpa dilarang, tidak diberi pahala dan tidak diberi hukuman? (Tafsir As-Sa’di hal 929)

Jawabannya tentulah tidak, Allah pasti akan membangkitkan mereka untuk mempertanggungjawabkan perbuatan mereka selama di dunia.

  

Aditya Bahari
Aditya Bahari Alumni LIPIA Jakarta, Pengasuh Pejalansunnah, Staf Pengajar di PP Darut Taqwa Boyolali

Posting Komentar untuk "Tafsir Qs At Tiin"