MUTIARA SALAF DAMPAK DOSA




من عواقب الذنوب 

قال ابن القيم رحمه الله 

فالذنوب إما يميت القلب، أو يمرضه مرضا مخوفا، أو يضعف قوته ولا بد، حتى ينتهي ضعفه إلى الأشياء الثمانية التي استعاذ منها النبي - صلى الله عليه وسلم - وهي : الهم، والحزن، والعجز، والكسل، والجبن، والبخل، وضلع الدين، وغلبة الرجال.

.( الداء والدواء ( ص : 178 


DIANTARA DAMPAK DOSA


Berkata Ibnul Qoyyim rahimahullah

"Dosa-dosa itu bisa jadi akan mematikan hati, atau membuatnya sakit, sakit yang menyeramkan, atau melemahkan kekuatannya dan itu pasti, sampai-sampai pada lemahnya ia 8 hal yang Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berlindung darinya, yaitu : Kegelisahan, kesedihan, kelemahan, kemalasan, sifat pengecut, bakhil, lilitan hutang, dan dikuasai orang lain". 

Addaa' Wad Dawaa' hlm 178.

Dan setiap dua itu memiliki makna yang dekat, gelisah dengan sedih itu berkaitan, setiap perkara yang dibenci ( tidak disukai) perkara yang akan datang yang bisa menimpanya maka itu bisa membuat gelisah (Al Ham), namun jika dari perkara yang sudah berlalu itu menjadikan sedih (Al Huznu).

Kelemahan dan kemalasan itu mirip, jika seorang , enggan melakukan dari sebab-sebab kebaikan dan kesuksesan, jika ketidakmampuannya karena udzur, karena kelemahan dia maka itu disebut lemah (Al 'ajzu), namun jika ketidakmampuannya karena tidak ada kemauan ( padahal mampu), maka itu disebut malas (Al Kasal)

Sifat pengecut dan bakhil (pelit) dekat maknanya. jika tidak mampu memberi manfaat dengan badannya maka disebut pengecut (Al Jubnu), namun jika tidak mampu memberi manfaat dengan uangnya (padahal mampu) disebut bakhil (Al Bukhlu).

Lilitan hutang, dan dikuasai seseorang itu dekat maknanya. jika penguasaan orang lain atasnya dengan cara yang benar maka itu adalah dikuasai orang lain (dalam lilitan hutang), namun jika dalam perkara yang bathil (tidak benar) maka itu adalah qohrur rijaal (dikuasai orang lain).

Intinya bahwasanya dosa-dosa itu diantara sebab terkuat yang mengantar seorang pada 8 perkara ini, sebagaimana ia juga (dosa) diantara sebab terkuat penyebab terjadinya musibah dan malapetaka, ketentuan yang buruk dan kegembiraan musuh, juga (dosa) merupakan sebab terkuat mengantarkan pada hilangnya nikmat-nikmat Allah, berubahnya aafiyah (kesehatan dan keamanan), dan bencana  yang datang tiba-tiba dan semua kemurkaan Allah.


Diterjemahkan dari situs : https://www.al-badr.net/muqolat/6001

***

Diselesaikan sore hari di Pulogebang, Cakung, Jaktim 5 Syaban 1441 H

Artikel : Pejalansunnah




No comments for "MUTIARA SALAF DAMPAK DOSA"

Berlangganan via Email